TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Bupati Sumenep Ajak Masyarakat Sukseskan Pelaksanaan PIN Polio

Transatu.id, SUMENEP – Dalam rangka mencegah Virus polio, Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wingsojudo mengajak masyarakat Kabupaten Sumenep turut aktif mensukseskan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio.

Hal itu disampaikan Bupati Sumenep saat membuka Sub PIN Polio yang terselenggara di TK Pertiwi Sumenep, Madura. Senin (15/01/2024).

Bupati Sumenep menuturkan bahwa pemberian imunisasi kepada anak bertujuan untuk menguatkan imunitas anak terhadap virus polio guna menekan risiko virus polio hingga dewasa

Maka dari itu perlu kordinasi pihak yang berkompeten seperti Dinas Kesehatan dan stakeholder yang lain untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat agar masyarakat paham dan mengerti tentang manfaat imunisasi polio.

Baca Juga :  Bupati Sumenep Sebut Kota Tua Kalianget Punya Sejarah Penting Untuk Kabupaten Sumenep

“Perlunya sosialisasi kepada masyarakat agar masyarakat paham tentang manfaat imunisasi polio,” kata Bupati.

Bahkan Bupati mengatakan, masyarakat tidak perlu khawatir terhadap imunisasi polio. “Bagi masyarakat yang mempunyai anak umur 0 – 7 tahun agar dilakukan imunisasi polio di tempat pelayanan kesehatan terdekat,” ucapnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes P2KB) Kabupaten Sumenep Agustiono Sulasno, menyatakan, pelaksanaan Sub Pin Polio serentak di daerah selama 2 putaran, yakni putaran pertama 15 hingga 21 Januari 2023 dan putaran kedua 19-25 Februari 2023.

Baca Juga :  Antisipasi Bencana Hidrometeorologi, Polres Sumenep Gelar Pasukan

“Kami menargetkan Sub Pin Polio sesuai data Pusdakin sebanyak 106,815 anak dengan sasaran anak usia 0-7 tahun tanpa memandang status imunisasi sebelumnya termasuk pendatang,” pungkasnya.

Jenis vaksin pada Sub Pin Polio ini adalah novel oral polio vaccine tipe 2 (nOPV2) dengan kemasan 50 dosis pervial, diberikan 2 tetes manis pada setiap anak dengan interval waktu 1 bulan.

Baca Juga :  Bupati Sumenep Tandatangani NPHD Bersama KPU dan Bawaslu

“Anak yang mendapatkan imunisasi polio ini capaian cakupannya sekurang-kurangnya adalah 95 persen di setiap putaran baik pertama maupun kedua,” pungkas Agustiono Sulasno.

Hadir dalam pembukaan Sub PIN Polio mendampingi Bupati Sumenep, Kepala Dinkes P2KB Sumenep, Bersama Kepala Bidang (Kabid) dan staf, Kepala Dinas Sosial, para dewan guru TK Pertiwi Sumenep, Darma Wanita dan undangan.

TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA