TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Pemkab Sumenep Beri Bantuan Warga Terdampak Angin Puting beliung

Transatu.id, SUMENEP – Bencana alam puting beliung yang terjadi kemarin Selasa 9 Januari 2024 sekira pukul 13.36 Wib mengakibatkan tumbangnya sejumlah pohon dan menimpa beberapa tiang listrik hingga menutupi sebagian jalan nasional Sumenep – Pamekasan.

Tidak hanya itu, bencana alam puting beliung yang disertai hujan deras itu juga membuat puluhan rumah warga mengalami kerusakan, baik ringan maupun berat, yang tersebar di Desa Nambakor Kecamatan Saronggi sebanyak 56 rumah dan 9 rumah di Desa Patean Kecamatan Batuan.

Baca Juga :  Meriahkan HUT RI ke 78, Pemkab Sumenep Gelar lomba "Ngulek Rujak"

Maka dari itu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep melalui Kepala pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Sumenep Wahyu Kurniawan Pribadi yang di wakili oleh Sekretarisnya, Abd. Kadir saat dihubungi melalui WhatsApp pribadinya menyampaikan, sejak kejadian bencana alam puting beliung kemarin pihaknya langsung turun ke lapangan ikut serta mengevakuasi pohon tumbang bersama TNI-Polri serta warga.

“Saat ini dilakukan pemberian sembako kepada warga terdampak. Rumah terdampak bencana puting beliung ada di dua Kecamatan yakni, Desa Nambakor Kecamatan Saronggi ada 56 rumah yang terkena puting beliung, untuk Desa Patean Kecamatan Batuan ada 9 rumah,” ungkap Abd Kadir

Baca Juga :  Ikuti Program Join Promo Proteksi dan Investasi, Dapat Perlindungan Plus Hadiah Menarik

Menurut Kadir, tim BPBD Sumenep terus melakukan upaya kroscek secara menyeluruh atas kerusakan yang dialami untuk memastikan tingkat kerusakan yang dialami, sehingga nantinya data benar-benar akurat sesuai dengan apa yang ada di lapangan.

“Tim dari BPBD saat ini masih melakukan assessment di lapangan. Utk pemberian stimulan bantuan keuangan, menunggu surat resmi dari Desa dan Kecamatan, untuk dimasukkan aplikasi e-sutanggab,” jelasnya.

Baca Juga :  Terapkan Prinsip Keberlanjutan, bank bjb Raih Platinum Rank Asia Sustainability Reporting Rating 2023

Dalam kesempatan itu, Abd Kadir mengingatkan kepada seluruh masyarakat agar senantiasa lebih berhati-hati dan selalu siaga saat musim penghujan seperti sekarang tiba yang sewaktu-waktu ada bencana mengancam.

“Perlu ditingkatkan kewaspadaan saat penghujan seperti sekarang ini, sebisa mungkin menghindari atau cari tempat lebih aman saat hujan turun apa lagi disertai angin. Semoga semuanya baik-baik saja,” ajaknya.

TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA