TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Bupati Sumenep Sebut Kota Tua Kalianget Punya Sejarah Penting Untuk Kabupaten Sumenep

Transatu.id, Sumenep – Kota Tua Kalianget menjadi saksi Prosesi pelantikan Arya Wiraraja yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, Madura, Jawa Timur yang merupakan rangkaian hari jadi Kabupaten Sumenep ke-754.

Bupati Sumenep H. Achmad Fauzi Wongsojudo, SH. MH yang menghadiri langsung acara prosesi pelantikan Arya Wiraraja menyampaikan, Kita Tua Kalianget menyimpan sejarah penting dalam sejarah kejayaan.

“Tahun 2023 ini kami sengaja acara bersejarah prosesi pelantikan Arya Wiraraja masa kejayaan kami letakkan di Kota Tua Kalianget karena, Kota Tua Kalianget menyimpan sejarah penting dalam masa kejayaan,” kata Bupati Achmad Fauzi. Sabtu (28/10).

Baca Juga :  UNIBA Madura Kerja Sama Dengan BPIP dan LPSK

Selain itu kata Bupati Fauzi, agar generasi muda kita terutama pemuda Kabupaten Sumenep dapat memahami dan lebih tahu tentang sejarah kejayaan, yang juga sejarahnya ada di Kota Tua Kalianget.

“Kami tekankan kepada generasi muda agar tidak melupakan sejarah dan Kota Tua Kalianget mempunyai jejak sejarah yang harus selalu kita kenang,” ujarnya.

Kota Tua Kalianget dalam catatan sejarah merupakan satu satunya kota berkonsep modern di Madura. “Kota Tua Kalianget secara infrastruktur, penataan Kota sudah lebih modern dan maju dibandingkan Kota lain di Madura,” jelasnya

Baca Juga :  Kapolres dan Kapolsek Tabir Cek Lokasi Tanah Polsek Tabir Timur

Bukti sejarah pada masa jaman VOC sejak 1705 Masehi, Kota Tua Kalianget sudah ada pembangunan pelabuhan dan bukti sejarah lainnya adalah benteng “Liji Kantang”dan benteng Kalino ‘Oke.

“Bukti peninggalan sejarah di kita tua Kalianget di antaranya, , pos jaga kuno bergaya Eropa dan Belanda, gedung pembangkit listrik yang didirikan pada tahun 1914 dengan arsitektur yang juga cantik dan artistik, lokomotif dan lori yang seringkali dipakai untuk mengangkut garam dari ladang -ladang garam, pelabuhan tua, serta cerobong pabrik,” tuturnya.

Baca Juga :  Satpol PP Sumenep Bersama Bea Cukai Madura Intens Operasi Rokok Ilegal

Dirinya berharap, dengan digelarnya drama kolosal prosesi Arya Wiraraja sebagai Adipati Sumenep di Kota Tua Kalianget, masyarakat tidak melupakan perjalanan sejarah, Kabupaten Sumenep termasuk Kecamatan Kalianget yang penuh Masa Kejayaan.

“Kami mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama membangun harmoni menuju masa kejayaan dengan gotong royong memajukan Kabupaten Sumenep,” terangnya.

TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA