TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Puncak Hari Jadi Kabupaten Sumenep ke-754 Bakal Terlaksana di Kota Tua, Kecamatan Kalianget

Transatu.id, Sumenep – Kecamatan Kalianget yang merupakan kota tua di Kabupaten Sumenep, Madura bakal menjadi tempat prosesi drama kolosal proses pelantikan Arya Wiraraja pada puncak Hari Jadi (Harjad) Kabupaten Sumenep ke -754.

Seperti kita ketahui bahwa hari jadi Kabupaten Sumenep diawali dengan dilantiknya pertama kali Arya Wiraraja sebagai Adipati di Kabupaten ujung timur Madura.

“Peristiwa bersejarah dimana Kabupaten Sumenep di daulat menjadi Kabupaten adalah dilantiknya Arya Wiraraja sebagai Adipati pertama pada 31 Oktober 1269 silam,” kata Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo. Selasa (24/10/2023) kemarin.

Baca Juga :  Satpol PP Sumenep Serahkan Laporan Data Rokok Ilegal Kepada Bea Cukai

Bupati Achmad Fauzi memaparkan bahwa sesuai dengan sejarah, Kabupaten Sumenep berdiri pada tahun 1269 adalah kerajaan, namun pada 1929 berubah menjadi Kabupaten. “Tercatat sejak masa Arya Wiraraja Soengenep dipimpin oleh 35 Raja, dan sampai saat ini telah dipimpin oleh 17 Bupati,” tuturnya.

Baca Juga :  Bakesbangpol Sumenep Lakukan Seleksi Paskibraka 2024

Bupati menyampaikan, tahun ini pelaksanaan puncak Harjad Kabupaten Sumenep ke-754 memang dialokasikan di kota Kecamatan Kalianget.

“Kota tua Kecamatan Kalianget oleh leluhur dan masyarakat dikenal sebagai kota tua, dan bukti sejarah juga masih nampak utuh dengan bertebaran gedung atau bangunan kuno jaman Belanda,” kata Fauzi.

Baca Juga :  bank bjb Raih DIAMOND THROPHY dalam ajang 28th Infobank Banking Apreciation 2023

Nanti, kata Bupati Fauzi, pada hari Sabtu tanggal 28 Oktober 2023 bakal ada pertunjukan drama kolosal yang lokasinya di halaman kantor PT Garam, dengan melibatkan masyarakat umum.

“Acara tersebut juga diramaikan dengan tari kreasi, tari kolosal, topeng dalang, tari juwak, serta pawai budaya dengan menampilkan tujuh kereta kencana, jaran serek dan tongtong serek,” paparnya.

TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA