TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Pemkab Sumenep Berhasil Pukau Masyarakat Melalui Festival Musik Tong Tong

Transatu.id, Sumenep – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep berhasil pukau masyarakat dengan menggelar Festival Musik Tong-tong se-Madura tahun 2023,

Festival musik Tong tong merupakan rangkaian ivent hari jadi Kabupaten Sumenep yang ke-754 bertajuk Masa Kejayaan yang di ikuti oleh 40 musik Tong tong dari empat Kabupaten yang ada di pulau Madura, yakni, Sumenep, Pamekasan, Sampang dan Bangkalan.

Wakil Bupati Sumenep Hj Dewi Khalifa yang pada kesempatan tersebut melepas kontingen musik Tong tong menyampaikan, musik tong tong merupakan musik klasik yang perlu dilestarikan.

“Musik tong tong perlu dilestarikan karena sangat bernilai tinggi dan merupakan kesenian lokal yang aransemennya karya sendiri,” kata Wabup Sumenep Hj Dewi Khalifa.

Baca Juga :  bjb Vaganza 2023, Transaksi Valuta Asing di bank bjb Raih Hadiah Logam Mulia

Tak lupa Wabup yang akrab di sapa Nyai Eva ini menyampaikan terima kasih kepada semua peserta yang telah jauh jauh hari mempersiapkan diri untuk berlaga di ajang festival musik Tong tong dalam rangka menyambut hari jadi Kabupaten Sumenep ke-754.

“Semoga, festival musik tong-tong ini menjadi media bagi masyarakat khususnya generasi muda yang suka bermain musik, agar bisa menunjukkan kemampuan dan karyanya,” paparnya

Antusiasme masyarakat sangat tinggi untuk menyaksikan secara langsung pelaksanaan festival, karena penonton tidak hanya berasal dari Kabupaten Sumenep saja, melainkan dari luar daerah sengaja datang untuk menyaksikan gelaran musik tradisional ini.

Baca Juga :  Satpol PP Sumenep Berikan Edukasi Tentang 5 Kriteria Rokok Ilegal dan Legal

“Kami mengharapkan melalui musik tong-tong semakin meningkatkan kebersamaan dalam keberagaman, mengingat kebudayaan ini merupakan perpaduan berbagai alat musik yang menjadi satu harmoni. Mudah-mudahan dengan festival tong-tong ini bisa kita lestarikan budaya Madura.Kita harus bangga sebagai orang Madura ,” ucapnya.

Wabup juga menuturkan, bahwa Pemerintah Kabupaten Sumenep sebagai langkah nyata mempertahankan kebudayaan musik tong-tong ini, dengan mengagendakan festival musik tong-tong di kalender event setiap tahun, berkerja sama dengan FKPPI Cabang 1327 Sumenep.

Baca Juga :  Secara Simbolis Bupati Sumenep Serahkan Beasiswa Reguler dan Santri

“Kami berharap penyelenggaraan festival musik tong-tong harus lebih baik dari tahun ke tahun, dan kegiatannya berefek kepada perekonomian daerah seperti pelaku UMKM dan Pedagang Kreatif Lapangan (PKL),” tandasnya

Diketahui hasil penilaian oleh para dewan juri 10 kontingen yang masuk dalam dekor terbaik adalah Gong Mania dari Sumenep, Angin Ribut dari Sumenep, Sekar Kedaton dari Pamekasan, Barong Ireng dari Pamekasan, Lendu Sagereh dari Sumenep, Singo Barong dari Pamekasan, Gelora Pesisir Sumenep, Sabda Alam Pamekasan, Peccit Ngamok Sumenep dan Gita Laras Sumenep

TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA