TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

HBA: Tingkahlaku Pengurus LAM Harus Sesuai Orang Adat

Pengurus LAM Jambi Kabupaten Merangin 2023-2028 Dilantik

Transatu.id, Merangin -Para pengurus Lembaga Adat Melayu (LAM) Jambi Kabupaten Merangin masa bhakti 2023-2028, dilantik oleh Ketua LAM Provinsi Jambi H Hasan Basri Agus (HBA), di Balai Adat Kabupaten Merangin, Senin (09/10).

Acara pelantikan berlangsung khidmat, dihadiri Gubernur Jambi diwakili Asisten 1 Setda Provinsi Jambi Arif Munandar, Pj Bupati Merangin H Mukti bersama Ketua TP PKK Merangin Hj Indria Mayesti Mukti, Ketua DPRD Merangin Herman Effendi.

Juga hadir mantan bupati Merangin H Mashuri beserta istri dan mantan wabup Merangin Nilwan Yahya beserta istri, anggota DPR RI Handayani, para anggota DPRD Provinsi Jambi, pengurus LAM Provinsi Jambi, anggota DPRD Merangin beserta istri.

Selain itu juga hadir para Staf Ahli bupati Merangin, para Asisten Setda Merangin, kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di jajaran Pemkab Merangin, para Camat, para ketua LAM kecamatan dan Ketua MUI Kabupaten Merangin H Joni Musa.

Baca Juga :  Pemkab Sumenep Gelar Peragaan Busana Pengantin Nasional

Dilantik sebagai Ketua umum LAM Jambi Kabupaten Merangin Azra’i Husin menggantikan H Abdullah Gemuk yang habis masa tugasnya, dilantik sebagai Sekretris Umum Jailani Bendahara Umum Maryam Alfarina.

Ketua LAM Provinsi Jambi H Hasan Basri Agus juga melantik para pengurus bidang-bidang kegiatan dan para seksi lainnya. ‘’Orang yang duduk di kepengurusan LAM adalah orang-orang yang bisa mengayomi semuanya,’’ujar HBA.

Pengurus LAM lanjut HBA tugasnya, mengurus anak dan ponakan. ‘’Kalau bisa memang pengurus adat itu tindakan dan tingkahlakunya sebagai orang adat, sopan dan santun harus orang yang pandai-pandai mengayomi anak buah dan ponakan,’’pinta HBA.

Baca Juga :  Solid Dan Guyub PIJP Halal Bihalal di Ponpes Slafiyah Miftahul Jannah Al -Ahsaniyah Di Desa Batu Poro Timur Kabupaten Sampang

Apalagi jelas HBA, LAM Jambi sekarang ini sudah banyak mengalami kemajuan-kemajuan yang dibuat. ‘’Kita telah menetapkan hari adat Provinsi Jambi setiap tanggal 01 Muharam, wajib kabupaten/kota memperingatinya,’’jelas HBA.

Sudah lebih dari 100 tahun lalu terang HBA, pencetus adat Jambi yaitu Orang Kayo Hitam telah mencanangkan Adat Bersendi Sarak, Sarak Besendi Kitabullah. ‘’Jadi adat ini bukan kolang kaling,’’tegas HBA.

Terpisah, Pj Bupati Merangin H Mukti mengatakan, diera globalisasi sekarang ini dengan barbagai pengaruh, LAM Jambi Kabupaten Merangin sebagai salah satu organisasi sosial mempunyai peran strategis dalam mendukung pembangunan.

Baca Juga :  Tingkatkan Pelayanan Bermutu Menuju Paripurna, Puskesmas Omben Lakukan Re-akreditasi

‘’Peran strategis tersebut, diantaranya adalah sumbang saran dalam mengisi pembangunan Kabupaten Merangin serta membantu terwujudnya kondisi harmonis di tengah masyarakat,’’ujar Pj Bupati.

LAM lanjut H Mukti, akan mampu mengawal nilai-nilai budaya, adat istiadat, etika gotong royong, tenggang rasa dan semangat kebersamaan di tengah-tengah kehidupan bermasyarakat.

‘’LAM kita harapkan mampu berperan serta mewujudkan persatuan dan kesatuan sebagaimana sloko adat kita, ke Mudik Serentak Satang ke Ilir Serengkuh Dayung,’’terang Pj Bupati Merangin.

Perkuat ketahanan ekonomi lanjut H Mukti, salah satunya pilar pengembangan wisata Unesco Global Geoprak (UGG) Merangin. Kearifan lokal, budaya senyum dan keramah tamahan masyarakat Merangin kepada wisatawan luar nanti perlu dikembangkan.(king)

TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA