TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

AMOS Bersama SKK Migas Gelar FGD Bertajuk Migas dan Pertumbuhan Ekonomi di Sumenep

Transatu.id, Sumenep – Asosiasi Media Online Sumenep (AMOS) menggelar acara Forum Group Discussion (FGD), Selasa (10/10/2023).

Acara yang bertajuk Migas dan Pertumbuhan Ekonomi di Sumenep ditempatkan di Hall Aula Universitas Baharuddin Mudhary (UNIBA).
Kegitan yang disupport oleh SKK Migas Jabanusa itu dibuka secara simbolis oleh Bupati H. Achmad Fauzi Wongsojudo.

Orang nomor satu di lingkungan Pemkab Sumenep, Jawa Timur juga memberikan pengantar sebagai Keynote speaker terkait tema tersebut.

Hadir sebagai pemateri dari Kepala Departemen Formalitas dan Komunukasi SKK Migas Jabanusa Febrian Ihsan, Kabag Perekonomian Setkab Sumenep Dadang Deddy Iskandar, dan Pengamat Ekonomi sekaligus Rektor UNIBA Prof Dr. Rachmad Hidayat.

Baca Juga :  Kapolres Sumenep Pimpin Apel Gelar Pasukan Ops Lilin Semeru 2023

Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo mengapresiasi kegitan FGD Migas yang digelar AMOS. Sebab, mampu organisasi kewartawanan itu mampu berpikir jangka panjang ke depan.

“Jika bicara pertumbuhan ekonomi, makanya pemikiran AMOS tentu sudah jauh ke depan. Sebab, bicara soal kemajuan di masa mendatang, utamanya menyongsong perekonomian di tahun 2045 mendatang,” ucap Bupati Achmad Fauzi.

Bupati menegaskan, persoalan migas cukup menarik untuk dikaji lantaran memiliki landasan dalam peningkatan ekonomi masyarakat. Namun, ia hanya salah satu bagian indikator saja.

Baca Juga :  Pererat Sinergitas, Kapolres Sumenep Kunjungi Kejaksaan Negeri

Selain itu, suami Nia Kurnia Fauzi itu meminta dalam FGD nanti bisa mengupas persoalan migas yang substantif. Misalnya, berkaitan dengan dana bagi hasil (DBH), yang salah satunya diatur dalam UU nomor 1/2022 berkaitan dengan pembagian hasil migas.

“Ada juga bahasan tentang CSR (Corparate sosial responsibility) dan juga PI (Participacing Interest). Nanti saya harap dikupas tuntas oleh para pemateri dalam diskusi itu,” jelasnya.

Terpisah, ketua AMOS Junaidi mengucapkan terima kasih kepada semua stakholder yang sudah mensukseskan kegiatan tersebut. Utamanya kepada SKK Migas Jabanusa, yang telah bekerja sama secara kontinyu dengan AMOS.

Baca Juga :  Kasus Penipuan oleh Oknum Guru SMP di Sumenep Memasuki Sidang Pembuktian

“Penghargaan setinggi-tingginya kami sampaikan kepada Bupati, dan pihak Civitas Akademika UNIBA,” ucapnya.

Dengan kegiatan itu, diharapkan mampu memberikan pemahaman tentang peran migas dalam peningkatan ekonomi masyarakat. Dan, bisa mengedukasi mahasiswa.

Dari SKK migas Febrian Ihsan menjabarkan tentang proses pengeboran migas, regulasi soal migas, bahkan juga soal proses pembagian DBH. Termasuk juga soal CSR, dengan bukti pembangunan masing-masing-masing Kontraktor kontrak kerjasama (K3S).

TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA