TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Kades Pagagan Kembali Gelar Perayaan Petik Laut

Transatu.id,PAMEKASAN-Kepala desa kembali menggelar acara Petik Laut di Desa Pagagan, Kecamatan Pademawu Pamekasan, Madura, Jawa Timur.

 

Dalam acara berlangsung dihadiri Kadisporapar Pamekasan Kusairi, Ketua Ikasa serta para nelayan yang ada di Desa Pagagan, Kabupaten Pamekasan.

 

Kades Pagagan,Muhammad Huri mengatakan bahwa kegiatan Petik Laut ini sebagai bentuk rasa syukur terhadap sang pencipta.

 

Selanjutnya, pihaknya menyatakan bahwa tradisi petik laut di Desa Pagagan, Pademawu, Pamekasan memiliki nilai budaya yang kuat dan menjadi warisan turun-temurun bagi masyarakat desa.

 

“Jadi tradisi ini menggambarkan hubungan erat antara masyarakat dengan laut sebagai sumber kehidupan utama mereka,” Ungkapnya.

Baca Juga :  Kakanwil Beacukai Jatim 1 Tidak Punya Keberanian Menemui Masa Aksi Aliansi Madura Indonesia

 

Sebelum acara dimulai, masyarakat desa melakukan persiapan dengan penuh semangat. Perahu-perahu tradisional disiapkan dan dihias dengan hiasan bunga dan warna-warni yang indah. Alat tangkap ikan dan peralatan petik laut lainnya dipersiapkan dengan teliti.

 

Kusairi, kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Pamekasan menyampaikan dalam sambutannya bahwa

tradisi petik laut di Desa Pagagan tidak hanya menjadi ajang perayaan, tetapi juga sebagai upaya untuk menjaga kelestarian sumber daya laut dan mempromosikan kesadaran akan pentingnya keberlanjutan ekosistem laut. Tradisi ini mengajarkan nilai-nilai kebersamaan, rasa syukur, dan penghormatan terhadap alam.

Baca Juga :  Siapkan Lahan Pertanian, Babinsa Posramil 0826-12 Kadur Bantu Warga Bajak Sawah

 

“Dengan adanya tradisi petik laut ini, Desa Pagagan terus mengabadikan budaya nelayan dan menguatkan ikatan antara masyarakat dengan laut sebagai sumber kehidupan yang memberikan berkah dan kehidupan yang berkelanjutan, ” Ungkap Kusairi.

 

Kusairi, mantan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Pamekasan menyatakan Petik Laut ini untuk dibentuk sebuah wisata.

 

Selain itu, ia menambahkan acara petik laut ini disamakan dengan hari jadi Kabupaten Pamekasan. Sesuai dengan tujuan dilakukannya perayaan Hari Jadi Pamekasan adalah untuk menggali nilai-nilai budaya dan kearifan lokal yang selama ini dimiliki oleh masyarakat Pamekasan.

Baca Juga :  Koramil 0826-09 Pakong Berikan Pembinaan Fisik Bagi Pemuda Calon Abdi Negara

 

“Nilai-nilai budaya itu diharapkan akan menjadi motivasi untuk membangkitkan semangat percaya diri menuju kemandirian ekonomi masyarakat Kabupaten Pamekasan,” Sambungnya.

 

Selain itu, Kusairi meminta kepada masyarakat untuk menambahkan olahan UMKM dan dikemas dengan bagus sehingga bisa dijual di Supermarket atau Wamira Mart.

 

“Kalau kemasan bagus maka ini akan bisa masuk ke supermarket yang ada di Kabupaten Pamekasan. Apalagi sekarang Bupati sudah punya Wamira Mart nanti produknya bisa bisa di jual di sana,” Katanya.

TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA