TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Bupati Sumenep Lepas Festival Jaran Serek 2023, “Sumenep Masa Kejayaan”

Transsatu.id, Sumenep – Festival Jaran serek yang merupakan rangkaian kalender even 2023 Kabupaten Sumenep dengan mengambil tema “Sumenep Masa Kejayaan” secara resmi di lepas oleh Bupati Sumenep, Madura, Jawa Timur. Sabtu (27/05/2024).

Event jaran serek yang mengambil, star lapangan Giling dan Finis di depan Labang mesem karaton Sumenep dihadiri oleh Forkopimda, para kepala OPD, Camat, tokoh masyarakat dan paguyuban jaran serek serta peserta festival jaran serek.

Bupati Sumenep, Achmad Fauzi, SH, MH dalam amanatnya menyampaikan, event jaran serek ini bertujuan untuk mempertahankan budaya dan tradisi yang dimiliki oleh Kabupaten Sumenep yang merupakan warisan nenek moyang.

Baca Juga :  Kapolres Sumenep Jadi Irup Pimpin Hari Kebangkitan Nasional ke 115 Tahun 2023

“Event ini dalam rangka melestarikan tradisi, maka kami mengajak kepada generasi muda untuk mencintai, kebersamaan, untuk bisa mewarisi tradisi lokal yang kita miliki,” kata Bupati Sumenep Achmad Fauzi.

Jaran serek kata Bupati Sumenep merupakan budaya dan tradisi yang dimiliki oleh nenek moyang kita. “Para generasi muda harus paham filosofi tentang jaran serek ini, sehingga lebih mencintai dan lebih meningkatkan kecintaan terhadap tradisi yang kita miliki,” ucapnya

“Pemerintah Kabupaten Sumenep mendorong segala sesuatu yang berkaitan dengan mengembangkan dan melestarikan budaya dan tradisi yang di miliki kita bersama, seperti partisipasi masyarakat, Paguyuban, swasta, media agar pelaksanaan kalender off event 2023 ini mampu meningkatkan kunjungan wisata sehingga akan meningkatkan ekonomi masyarakat,” harapnya.

Baca Juga :  Satpol PP Sumenep Serahkan Laporan Data Rokok Ilegal Kepada Bea Cukai

“Saya mengapresiasi kepada paguyuban dan pencinta jaran serek serta kepada masyarakat yang mempunyai eksistensi dalam melestarikan budaya ini benar benar oleh generasi ini,” ujarnya

Bupati berharap, dengan adanya festival jaran serek ini, untuk memberikan wawasan kepada masyarakat khusunya kepada generasi kita agar lebih paham tentang jaran serek di Kabupaten Sumenep.

“Kita harus bangga dan lebih mencintai tradisi budaya ini karena, jaran serek ini bukan kuda seperti biasanya, kuda ini mempunya skill dan telah terlatih sehingga bisa menari,” jelasnya.

Baca Juga :  Sekdakab Sumenep Lepas Peserta O2SN

Lanjut Fauzi, melalui event ini dapat menambah energi baru, dan kita dapat melihat ada sebuah kekompakan dari pada pemandu dan pengiring saronen di belakang jaran serek.

“Ini menunjukkan pentingnya sebuah kekompakan dan persatuan dalam menciptakan nuansa kebersamaan,” terangnya.

Memungkasi amanatnya bupati berharap pula, melalui even tradisi budaya ini mampu meningkatkan kunjungan wisata ke Kabupaten Sumenep.

“Sehingga mampu mengangkat perekonomian masyarakat baik UMKM maupun PKL, pasca Covid-19,” tegasnya.

TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA