TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Besok, Pemkab Sumenep Bakal Gelar Festival Jaran Serek

Transatu.id, Sumenep – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, Madura, Jawa Timur besok Sabtu 27 Mei 2023 bakal menggelar festival Jalan serek atau yang dikenal dengan jeren kencak (Jaran menari) oleh masyarakat Madura.

Festival Jalan Serek merupakan kalender event Pemkab Sumenep dengan tema “Masa Kejayaan Sumenep”. Yang tujuannya untu mendongkrak kunjungan wisatawan .

Dari hasil informasi yang digali oleh media ini bahwa festival jalan serek akan dinikuti oleh ratusan peserta yang tergabung dalam paguyuban jaran serek Pandhiaga.

Baca Juga :  bjb Vaganza 2023, Transaksi Valuta Asing di bank bjb Raih Hadiah Logam Mulia

Festival jaran serek mengambil rute mulai dari Lapangan Giling menuju finis depan keraton Sumenep.

Bupati Sumenep Achmad Fauzi berharap dengan adanya festival jaran serek ini dapat mengembangkan dan mempertahankan tradisi budaya peninggalan nenek moyang kita.

“Dalam era globalisasi ini kita tidak boleh melupakan khasanah budaya lokal yang kita miliki,” kata Bupati Sumenep Achmad Fauzi. Jum’at (26/05/2023).

Dirinya berharap melalui festival ini dapat menyedot wisatawan hadir ke Kabupaten Sumenep. “Melalui kalender event diharapkan mampu mempertahankan tradisi lokal dan dapat meningkatkan wisatawan,” imbuhnya.

Baca Juga :  Farel Offroader Dari Javamix Taklukkan Medan Tanjakan S-Track MX Sumenep

Nantinya, kata Fauzi, para peserta jaran serek akan membuat atraksi memukau mempertontonkan kelihaian kudanya yang akan di iringi dengan tabuan saronen.

“Sya berharap kepada generasi muda nantinya dapat mempertahankan budaya lokal seperti jaran serek ini,” tuturnya.

Sementara itu, pengamat seni Moh. Ibno menyampaikan, bahwa Jaran serek pada jaman dahulu hanya ditampilkan saat ada hajatan pernikahan pejabat keraton.

“Awalnya jaran serek ini tampil saat ada hajatan di keraton dan lambat Laun masyarakat juga mengikuti pada saat ada pernikahan bahkan di setiap momen perayaan di lembaga sekolah,” ungkap Ibno.

Baca Juga :  Gaji PPS Kecamatan Gayam Mengendap di RDP, Bakal Cair Apabila SPJ Rampung

Maka dari itu, melalui festival jaran serek ini merupakan komitmen pemerintah dalam rangka mempertahankan tradisi dan budaya yang kita miliki.

“Kita ketahui bahwa kuda di kabupaten Sumenep merupakan sebuah simbul, yaitu Kuda terbang, jadi kita berharap kepada generasi muda untuk melestarikannya, kalau tidak kita, siapa lagi yang akan melestarikan budaya lokal ini,” ajaknya.

TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA