TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Berita  

Perjalanan 62 Tahun bank bjb Berkontribusi dan Mengakselerasi Ekonomi

TranSatu, Bandung – PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (BJBR) atau bank bjb tahun ini genap berusia 62 tahun. Pencapaian istimewa bagi sebuah perbankan melewati usia puluhan tahun. Di usia yang semakin matang, bank bjb semakin gesit dan berkontribusi bagi pertumbuhan ekonomi nasional juga daerah.

Direktur Utama bank bjb Yuddy Renaldi menyampaikan, usia 62 tahun merupakan usia matang untuk semakin berjuang membangun bangsa dan menumbuhkan ekonomi masyarakat. Dalam usia ini bank bjb terus berusaha untuk menyatukan energi serta kolaborasi untuk terus memberikan keunggulan serta manfaat bagi Indonesia. bank bjb berkomitmen untuk terus memberikan manfaat serta kebahagiaan untuk Indonesia dalam era digitalisasi dan tantangan ekonomi di tahun ini.

Disampaikan Yuddy, pada perayaan ulang tahun ini, kata kunci yang dihadirkan yaitu Happy atau Bahagia. Memiliki makna, kebahagiaan warga Indonesia sangat berarti untuk perwujudan kehadiran bagi bank bjb, agar senantiasa memberikan manfaat bagi warga Indonesia.

“bank bjb berkomitmen untuk membuat warga Indonesia #MakinHepi dalam wujud syukur usia 62 tahun ini,” ucap Yuddy .

Dalam usia yang matang, sekaligus mensyukuri perjalanan panjang bank bjb dalam dunia perbankan, pada ulang tahun ke 62, bank bjb telah melakukan berbagai acara baik yang bersifat internal, maupun kegiatan yang secara langsung dirasakan oleh nasabah atau masyarakat.

Misal, melalui program #HepiDiskon, bank bjb memberikan kebahagiaan dengan menyajikan berbagai program diskon selama periode ulang tahun. Kemudian, melalui program #HepiBerbagi, bank bjb menebar semangat berbagi melalui kegiatan sosial maupun amal yang berfokus dalam pilar utama Corporate Social Responsibily (CSR) bank bjb . Program lain yaitu #HepiHemat dengan menghadirkan berbagai promo serta inovasi produk maupun layanan.

bank bjb juga memberi apresiasi kepada nasabah atas kesetiaanya dalam menggunakan berbagai produk unggulan bank bjb bertajuk #HepiLoyality, melalui Customer Loyalty Program (CLP). Apresiasi juga diberikan kepada insan bank bjb yang telah memberikan konstribusi bagi peruasahaan melalui Legacy Award & Timeless Engagement.

Baca Juga :  Kapolres Sumenep Pimpin Apel Gelar Pasukan Ops Lilin Semeru 2023

Pada puncak perayaan ulang tahun, melalui program #Hepiversary #HepiDay, dilakukan berbagai kegiatan seperti #HepiBazar yang melibatkan para pelaku UMKM, kegiatan olah raga dengan tajuk #HepiRun & #HepiRide dan hiburan oleh artis nasional yang turut dimeriahkan oleh Tulus, Maliq & D’Essentials, KSP Band serta Imam Darto dan Melaney Ricardo sebagai host.

Sebelum puncak acara, juga telah dilakukan berbagai rangkaian kegiatan, yang berlangsung di sejumlah kota, dengan berbagai program unggulan seperti Ketemuone Fest, gelaran Nikah Massal di GOR Patriot Bekasi, kegiatan Donor Darah yang dilakukan di kantor pusat, Bersih-Bersih Sungai bersama Pandawara Group dan Serikat Karyawan bank bjb (SEKAR), hingga apresiasi kepada Nasabah yang dilakukan serentak di kantor cabang. Juga dilakukan kegiatan olahraga lari, Liga Basket Junior, hingga Soccer Competition.

Selama periode ulang tahun, bank bjb juga mengajak masyarakat untuk turut serta melalui program kompetisi pembuatan video kreatif dengan menggunakan music Jingel bjb Tandamata. Kompetisi tersebut mengangkat campaign bersama bank bjb #MakinHepi.

Tak lupa, pada perayaan ulang tahun, apresiasi juga diberikan kepada insan bank bjb yang telah memberikan konstribusi bagi peruasahaan melalui Legacy Award & Timeless Engagement. Terdiri dari Legacy Award (Pensiunan), Timeless Engagement (masa kerja 25 tahun), Timeless Engagement (masa kerja 30 tahun). Selain itu juga akan dierikan CSR berupa santunan kepada para perwakilan

Tak kalah penting, pada momen puncak perayaan ulang tahun dilakukan rebranding DPLK bank bjb menjadi bjb SIAP.

Yuddy menambahkan, berbagai program yang dihadirkan bank bjb selama periode ulang tahun ke 62 merupakan salah satu wujud nyata untuk lebih memberikan kebermanfaatan bagi para stakeholder maupun shareholder.

Baca Juga :  Masyarakat Rantau Ngarau Kecewa Dengan Sikap Keluarga Dewan Provinsi

Setiap program perayaan ulang tahun, sektor UMKM selalu diajak untuk terlibat dengan tujuan untuk memberikan kesempatan agar para UMKM di daerah dapat meningkatkan kualitas sekaligus juga memperluas pasar. Tentu saja, dalam setiap kegiatan tersebut, selalu menggunakan pendekatan digital, terutama pada aspek transaksi, agar masyarakat, pelaku usaha, generasi milenial yang hadir akan semakin melek terhadap teknologi keuangan dan semakin memperluas inklusifitas keuangan.

“bank bjb berkomitmen untuk meningkatkan perekonomian dengan mendorong pemberdayaan UMKM, mendukung digitalisasi, kepedulian terhadap lingkungan, penerapan tata kelola yang baik,” tegas Yuddy.

Sementara pada sisi shareholder alias pemegang saham, bank bjb pun senantiasa berkomitmen untuk memberikan yang terbaik, dibuktikan dengan kenaikan dividen setiap tahun dan juga selalu mendukung program pemerintah daerah. Sebagai informasi, bank bjb membagi dividen untuk Tahun Buku 2022 sebesar Rp1,1 triliun. Angka tersebut setara dengan 49,47% dari laba bersih yang berhasil dibukukan oleh bank bjb di Tahun Buku 2022 sebesar Rp 2,22 triliun. Tahun buku 2022 bank bjb berhasil mencatatkan pertumbuhan laba yang berkualitas, sehingga dividen per lembar saham pun meningkat dari Rp99,11 menjadi Rp104,55.

Yuddy menegaskan, manajemen bank bjb berkomitmen untuk terus meningkatkan kinerja, agar memberi manfaat bagi masyarakat luas, termasuk shareholder. Antara lain, dengan terus melakukan inovasi produk, menjaga Non Performing Loan (NPL), meningkatkan nilai aset, memperkuat penyaluran kredit dengan prinsip kebermanfaatan dan kehati-hatian, serta memperkuat infrastruktur teknologi.

“Semua itu dilakukan agar bank bjb terus menjadi Tandamata bagi Negeri,” ujar Yuddy.

Berbagai terobosan yang dilakukan bank bjb merupakan perwujudan komitmen perusahaan untuk senantiasa memperbaiki kualitas dan kinerja untuk memperkuat keberadaan bank bjb, baik saat ini maupun di masa depan, di industri perbankan. Capaian positif yang diraih bank bjb pada usia 62 tahun juga berkat dukungan nyata pemegang saham, khususnya Pemerintah Provinsi Jawa Barat sebagai pemegang saham terbesar.

Baca Juga :  Pemkab Sumenep Beri Bantuan Warga Terdampak Angin Puting beliung

Tak hanya fokus pada berbagai layanan kredit unggulan yang dimiliki, bank bjb pun terus mendorong pendapatan lainnya melalui produk layanan berbasis fee based income, ekosistem digital, produk layanan berbasis teknologi dan wealth management. Saat ini bank bjb memiliki ribuan jaringan kantor yang tersebar di 14 Provinsi di Indonesia.

Per Maret 2023, ekosistem digital bank bjb terus bertumbuh pesat dengan jumlah pengguna DIGI Mobile apps user sebanyak 1,38 juta user, tumbuh 103 persen dibandingkan tahun sebelumnya dan QRIS merchant sebanyak 945,9 ribu merchant, tumbuh 70,8 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

bank bjb juga terus memperluas aliansi bisnis, untuk semakin memperkuat kinerja. Antara lain melalui perluasan layanan perbankan melalui “Kelompok Usaha Bank”, yakni bersinergi dengan BPD-BPD yang sehat dan berkinerja baik, sehingga dapat saling memberikan nilai tambah bagi seluruh anggota kelompok usaha dibawah bank bjb sebagai perusahaan Induk. bank bjb sangat terbuka kepada BPD lain yang ingin berkolaborasi dan bersinergi melalui KUB bank bjb.

Sebagai informasi, bank bjb merupakan BPD terbesar di Indonesia yang memiliki infrastruktur mumpuni, dari sisi permodalan, dukungan infrastruktur digital, dan sumber daya manusia, untuk dapat dimanfaatkan bersama dengan BPD lain. Dengan berbagai terobosan, apresiasi, juga kesolidan manajemen, bank bjb optimis tahun ini kinerja bank bjb di masa depan semakin moncer.

“Di usia yang ke 62 tahun, kami sangat terbuka untuk kolaborasi yang akan memberikan manfaat bagi kedua belah pihak dalam kerangka pengembangan bisnis bersama sama. Berbagai terobosan yang kami lakukan merupakan komitmen kami untuk senantiasa memperbaiki kualitas dan kinerja untuk memperkuat eksistensi kami di dunia perbankan,” tegas Yuddy.

TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA