TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Pemkab Sumenep Melalui Dinas Perpustakaan Luncurkan Aplikasi Srikandi

Transatu.id, Sumenep – Melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan , Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, Madura, Jawa Timur mengadakan sosialisasi pelaksanaan Aplikasi Sistem Informasi Dinamis Terintegrasi (Srikandi) yang dilaksanakan di ruang rapat kantor Bupati. Selasa (16/05).

Hadir dalam pelaksanaan sosialisasi aplikasi Srikandi, Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Sumenep,Ir Edy Rasiyadi, M.Si Plt kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sumenep, Ferdiansyah, Camat dan segenap undangan.

Sekdakab Sumenep Edy Rasyadi mengatakan aplikasi Srikandi ini bertujuan untuk menerapkan program di perangkat daerah di lingkungan Pemkab Sumenep.

“Pemerintah Daerah berikhtiar menerapkan aplikasi Srikandi dalam urusan surat menyurat secara online atau surat elektronik, sebagai langkah mewujudkan keseragaman dan keterpaduan pengelolaan kearsipan dinamis berbasis elektronik,” kata Sekdakab Sumenep Edy Rasyadi.

Baca Juga :  Tabligh Maulid Akbar majelis Wat Ta'lim Riyadlul Jannah Madura Kembali diadakan Owner Three Five

Menurutnya, Aplikasi Srikandi tentu saja mempercepat proses pengurusan surat dan pengambilan kebijakan, serta memudahkan dalam penandatanganan surat keluar maupun surat masuk yang memerlukan disposisi dari pimpinan.

“Aplikasi Srikandi dokumen dalam bentuk digital, dampaknya tidak membutuhkan tempat dan ruang penyimpanan arsip yang besar, karena file-nya sudah tersimpan pada server nasional,” ungkapnya.

Maka dari itu, Aparatur Sipil Negara (ASN) di jajaran Pemkab Sumenep, untuk bersama-sama menyukseskan penerapan aplikasi Srikandi di setiap perangkat daerah, sehingga abdi negara harus meningkatkan SDM untuk menguasai teknologi.

Baca Juga :  OSIM DU Gelar Class Meeting Tingkat Kecamatan

“Para ASN sejalan dengan cepatnya perkembangan teknologi informasi tidak boleh gagap teknologi, namun harus mampu menggunakannya di setiap aktivitas penyelenggaraan pemerintahan pada instansi masing-masing,” terangnya.

Aplikasi Srikandi merupakan aplikasi untuk memenuhi kebutuhan pembuatan surat menyurat dan arsip elektronik secara online serta terintegrasi, yang ditetapkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika dan pengembangannya dilakukan oleh Arsip Nasional Republik Indonesia.

“para instansi terkait harus menyediakan ketersediaan sarana dan prasarana, seperti jaringan internet demi kelancaran aktivitas surat menyurat elektronik berjalan dengan baik,” tegasnya.

Baca Juga :  Hanya 104 Koperasi di Kabupaten Sumenep yang Melaporkan RAT

PLT Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sumenep Ferdiansyah menyampaikan, aplikasi Srikandi dalam rangka pelayanan administrasi pemerintahan di bidang kearsipan dinamis, berkualitas dan terpecaya, sehingga di era teknologi bisa bekerja di mana saja.

“Kami rencanakan penerapan aplikasi ini tidak hanya di perangkat daerah seperti OPD dan Kecamatan saja, melainkan juga hingga ke tingkat Pemerintahan Desa, yang merupakan salah satu program Bupati untuk penguatan digitalisasi 2023,” ucapnya.

TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA