TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Perkumpulan Janda di Banyuwangi Resmi Bentuk Organisasi Jandawangi

Transatu, Banyuangi, Menjalani hidup sebagai single parent alias janda kerap dipandang negatif. Bahkan tak sedikit dari mereka di era modern ini masih saja diperlakukan diskriminatif oleh sebagian orang.

Realita kehidupan para ibu tunggal tersebut melatar belakangi ormas Balawangi membentuk Banom (badan otonom) yang fungsinya melindungi hak asasi perempuan penyandang status janda di kabupaten Banyuwangi, Jawatimur.

Dedik Hendrawan Ketua bidang Litbang dan kaderisasi Balawangi Mengatakan,
Organisasi perempuan Balawangi ini diberi nama Jaringan Anti Diskriminasi Wanita Banyuwangi disingkat Jandawangi. Kamis (27/04/2023)

Baca Juga :  Akselerasi Ekonomi, bank bjb Terlibat dalam Kredit Sindikasi Pembangunan Pabrik Pusri IIIB

“Merupakan sarana penyalur aspirasi bagi para singgel parent Banyuwangi, juga sebagai wadah gerakan untuk mendorong meningkatnya kesejahteraan bagi kaum perempuan serta mendukung pencegahan kekerasan, diskriminasi terhadap perempuan dan anak perempuan,” Jelasnya.

“Wanita Banyuwangi saat ini harus mulai sadar bahwa mereka memiliki kesempatan yang sama dengan laki-laki untuk akses sumber daya, akses terhadap ekonomi, politik, sosial, dan sebagainya,” ungkap Dedik.

Baca Juga :  Mohammad Salehuddin Farisi Terpilih Menjadi PAW Kepala Desa Bakeong

Senada dengan Dedik, Agus Setyawan Ketum Balawangi saat dikonfirmasi dikediamannya Menyampaikan, Jandawangi hadir sebagai manifestasi tujuan gerakan ormas Balawangi dalam membantu mewujudkan tujuan Negara sebagaimana amanat Undang-undang Nomor 17 tahun 2013 tentang Ormas.

“Jandawangi hadir ditengah-tengah perempuan karena melihat situasi dan kondisi dimana masih banyak perempuan di masa kini mengalami kekerasan dan perlakukan diskriminatif,” terangnya.

Baca Juga :  Komisi VIII DPRD Sumenep Meminta Harus Jelas Terkait Anggaran APBD untuk Daratan dan Kepulauan

Masih Agus, menurutnya, bagi mereka yang mengalaminya tentunya butuh dukungan semangat untuk terus berjuang agar tidak terus terpuruk.

“Jandawangi forum perempuan yang berfungsi sebagai sarana untuk saling berbagi, saling memotivasi sesama Kaum Hawa, Serta sebagai wadah perempuan guna mengembangkan ketrampilan agar bisa berdaya”, pungkasnya.

TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA