TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Kodim 0826/Pamekasan Pengamanan “Per-peran

Transatu.id,PAMEKASAN – Upaya mendukung kegiatan masyarakat setelah hari raya Idul Fitri 1444 H, Kodim 0826/Pamekasan mengerahkan personelnya untuk melaksanakan pengamanan acara Per-peran yang berlangsung di sepanjang Jl. Protokol Desa Kramat dan Desa Bandaran, Kecamatan Tlanakan, Kabupaten Pamekasan-Madura, Minggu (23/04/2024) sore.

 

‘Per-peran’ merupakan tradisi masyarakat Pamekasan di pesisir Desa Kramat dan Desa Tanjung, yaitu naik andong dan becak keliling desa sehari setelah Lebaran dan pada Lebaran Ketupat atau tujuh hari setelah Hari Raya Idul Fitri.

Baca Juga :  Peduli Kesehatan Balita, Sertu Suhdianto Dukung Kegiatan Posyandu

 

Danramil 0826-02 Tlanakan Kapten Arh Joko Murtilam mengatakan bahwa pihaknya siap mendukung kegiatan ‘Per-peran’ yang merupakan salah satu tradisi bagi warga Madura khususnya di Kecamatan Tlanakan yang perlu dilestarikan sebagai warisan budaya.

Baca Juga :  Ratusan Kendaraan Hasil Razia Penertiban Balap Liar Bisa Diambil“ Ini Persyaratannya

 

“Dalam acara ‘Per-peran’ ini kita siapkan personel dari Koramil 0826-02 Tlanakan untuk membantu pengamanan agar pelaksanaan berjalan aman dan lancar,” ucap Kapten Arh Joko Murtilam.

 

“Terlebih pelaksanaannya berlangsung di jalan utama yang tentunya banyak lalu lalang kendaraan sehingga diperlukan petugas untuk membantu menjaga dan mengatur agar tetap lancar,”terangnya.

Baca Juga :  Dukung Ketahanan Pangan, Babinsa Posramil 0826/12 Kadur Bantu Petani Tanam Jagung

 

Kegiatan ‘Per-peran’ dilaksanakan setiap tahun sebagai tradisi lokal, yang berlangsung dari sore hingga malam hari. Selain warga Pamekasan kegiatan ini juga diikuti oleh warga Kabupaten Sampang karena letaknya berada di perbatasan Sampang dan Pamekasan.

TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA