TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Eforia Umroh dan Internalisasi Moderasi Beragama di MAN 2 Pamekasan Yang Bernuansa Di Bulan Suci Romadhan

Transatu.id,Pamekasan-Bulan Suci Ramadhan Mubarok 1444 H, memberikan nuansa tersendiri bagi Madrasah di bawah binaan kementerian agama, salah satunya kegiatan Romadhan 1444 H di MAN 2 Pamekasan, kegiatan ini dilaksanakan mulai tanggal 27 Maret sampai dengan 01 April 2023.

 

Kegiatan ini dikemas dengan tajuk diskusi internalisasi Moderasi beragama di madrasah, sebagai bagian dari gerakan massif ditahun toleransi yang di implementtasikan di madrasah ini.

 

“Mohammad holis Selaku Kepala MAN 2 Pamekasan, menuturkan bahwa kegiatan Ramadhan kali ini dibuat nuansa yang berbeda dengan kegiatan Ramadhan sebelumnya untuk memberikan nuansa penguatan terhadap nilai-nilai moderasi beragama bagi peserta didik,”Ujarnya.

Baca Juga :  Kasdim 0826/Pamekasan Hadiri Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata 2023-2024

 

“Kegiatan yang diikuti oleh peserta didik kelas X dan Kelas XI MAN 2 Pamekasan dengan model shif ini, sebagai bagian implementasi sub tema dari moderasi beragama, yakni kesatu memberikan pemahaman tentang makna gender dalam konsep islam, keuda pemahaman tentang perundungan (bullying), ketiga pemahaman tentang perbedaan firqoh dalam islam dan keempat pemahaman perbedaan keyakinan dalam beragama, tentunya semua melihatnya dari kontek islam.

Baca Juga :  Wow Anniversary NTD ke 16 Se-Madura Sangat Meriah

 

 

Disamping itu ada materi yang menarik yang juga disampaikan kepada peserta didik, dalam rangka meberikan pemahaman dasar yakni terjadinya eforia umroh yang disikapi dengan cara memberikan bekal materi taharah, sholat, wudhu, tawaf dan lain-lain menurut pendapat imam madzhab yang empat, sehingga lebih lanjut peserta didik dapat memahami perbedaan pandangan tentang ubudiyah yang terjadi di haramain saat melaksanakan ibadah haji dan imroh,”Imbuhnya.

Baca Juga :  Sambut HUT TNI Ke-78, Kodim 0826/Pamekasan Gelar Baksos Kesehatan

 

“Selanjutnya holis menyampaikan bahwa kegiatan ini ditempatkan di masjid al-islah MAN 2 Pamekasan dengan diawali shholat duha dan tadarus al-Qurán yang dipimpin oleh ust Rifai dan seluruh guru agama MAN 2 Pamekasan, sedangkan materi internalisasi moderasi beragama disamapiakn oleh Ust Sa’roni, M.PdI,”Tutupnya.

TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA