TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Kesiapan Menghadapi Tahapan Pemilu Tahun 2024, Polres Pamekasan Gelar Latihan Dalmas

Transatu.id,PAMEKASAN – Dalam rangka meningkatkan kemampuan anggota, Satuan Sabhara Polres Pamekasan menggelar pelatihan pengendalian massa (Dalmas), Rabu (15/4/2023).

Dalam latihan Dalmas kali ini diikuti 1 peleton dalmas lanjut Sat Sabhara, 2 peleton dalmas lanjut Gabungan fungsi, dan Polsek Jajaran Polres Pamekasan serta 1 peleton Polwan Polres Pamekasan.

Kegiatan yang digelar di Lapangan Multifungsi Eks Polwil Polres Pamekasan tersebut dipimpin langsung oleh Kasat Sabhara Polres Pamekasan AKP Jauhari .

Kapolres Pamekasan AKBP Satria Permana melalui Kasihumas Polres Pamekasan Iptu Sri Sugiarto menyampaikan, pelatihan tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan dan kesiapsiagaan anggota dalam kesiapan penghadapi tahapan pemilu tahun 2024 serta menangggulangi aksi unjuk rasa.

Baca Juga :  Peduli Warga Kurang Mampu, Babinsa Koramil 0826-09 Pakong Sambangi Warga Binaan

“Pelatihan tersebut juga bertujuan untuk melatih fisik anggota serta kesiapan anggota pada saat menghadapi unjuk rasa yang sebenarnya di lapangan,” ucap Kasihumas Polres Pamekasan.

Selain itu juga untuk mengingatkan kembali dalam gerakan maupun formasi Dalmas, dalam persiapan pengamanan massa dan mengantisipasi gangguan Kamtibmas lainya yang terjadi di wilayah hukum Polres Pamekasan.

Baca Juga :  Penarikan Retribusi Pasar Curang, AMI Layangkan Surat ke BPKP Provinsi Jatim

“Pelatihan pengendalian massa ini dimulai dari latihan Dalmas awal yaitu tanpa menggunakan peralatan, sampai penggunaan peralatan seperti helm, tongkat serta tameng dan alat lainnya,”jelasnya Iptu Sri Sugiarto.

Iptu Sri Sugiarto menambahkan, bahwa dalam pengendalian massa ini ada beberapa tahapan yang harus dilaksanakan oleh anggota saat dilapangan.

Disebutkan, kegiatan dimulai dari tindakan preventif dengan menurunkan tim negosiator, hingga menggunakan peralatan pemecah massa seperti gas air mata yang harus sesuai dengan Standart Operational Procedur (SOP) dilapangan.

Baca Juga :  PT Bawang Mas Gandeng NU Gelar Halaqoh Pondok Pesantren

“ Dengan pelatihan ini diharapkan seluruh personel paham dan mengetahui tahapan dalam pengendalian masa serta mampu menerapkannya dilapangan,” pungkasnya.

Pihaknya juga berharap pelaksanaan Pemilu tahun 2024 khususnya di wilayah Kabupaten Pamekasan nantinya akan berjalan aman dan lancar.

“Kita semua berharap setiap tahapan pemilu nantinya berjalan dengan aman, lancar dan tertib tidak ada terjadinya konflik dan gesekan antar sesama, namun dalam hal ini Polri tetap melakukan berbagai persiapan antisipasi,” imbuhnya.

TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA