TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Pasokan Listrik di Madura Kembali Normal Seratus Persen.

Pamekasan, Transatu – PT PLN (Persero) berhasil memulihkan 100 persen sistem kelistrikan di Madura yang terdampak gangguan penghantar Saluran Kabel Tegangan Tinggi (SKTT) 150 kilovolt (kV) Ujung – Bangkalan pada Jumat tanggal 3 bulan februari lalu. Tercatat pada hari hari ini pukul 15.38 WIB, pasokan listrik ke seluruh pelanggan yang terdampak telah kembali normal.

 

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, PLN mengerahkan 262 personel dari Unit Induk Transmisi (UIT), Unit Induk Distribusi dan tenaga ahli yang dilengkapi dengan peralatan canggih untuk memulihkan gangguan di _Joint Pit_ (JP) 5 dan JP 17.

 

“Tahapan demi tahapan telah dilalui, mulai dari investigasi, recovery, hingga energizing, telah dilakukan dan Alhamdulillah pada Senin ini pukul 15.38 WIB, listrik sudah kembali normal 100 persen”,tegasnya. Seperti yang dikeluarkan oleh

Baca Juga :  HPN ke-77, Kapolres Pamekasan : Sajikan Informasi Berimbang dan Berkualitas Untuk Bangsa Dan Negara

Gregorius Adi Trianto

Executive Vice President Komunikasi Korporat dan TJSL PLN”, Senin(13/02/2023). Sore

 

Sebelumnya, gangguan ini menyebabkan berkurangnya beban sebesar 20 – 100 Megawatt (MW) sehingga mengakibatkan manajemen beban di beberapa wilayah Pulau Madura.

 

“Kelancaran proses pemulihan kelistrikan ini tidak terlepas dari dukungan, sinergi dan kepercayaan penuh semua stakeholder serta seluruh masyarakat Madura kepada pihak PLN. Pihak kami gerak cepat memasok listrik dengan mendatangkan 96 unit genset dari unit PLN di Jawa dan Bali dan membagikan 12.295 lampu emergency yang bisa dipergunakan masyarakat Madura”, terang Darmawan

Baca Juga :  Peringati HPN, PIJP Gelar Santunan Anak Yatim dan Dhuafa 

 

“Terima kasih kepada seluruh pihak dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Forkopimda di seluruh Madura, stakeholder, tokoh masyarakat, tokoh agama dan seluruh masyarakat madura atas dukungan yang telah diberikan, sehingga terus memotivasi semangat personel kami atau pihak PLN untuk dapat memberikan upaya pengoptimalan dalam pemulihan ini”,ungkap Darmawan.

 

Sementara dilain kesempatan General Manager Unit Induk Distribusi Jawa Timur, Lasiran menyampaikan sebagai upaya mencegah kejadian berulang, PLN melakukan langkah penguatan sistem kelistrikan di Madura. Di antaranya, PLN sedang membangun transmisi  SKTT 150 kV Kedinding – TX Bangkalan sirkit 3 dan 4 sepanjang 16 kilo meter sirkuit (kms).

Baca Juga :  Rangkaian Pentas Seni Nifsyu Sya'ban Di Desa Branta Pesisir

 

“Target Pembangunan sirkit 3 diproyeksikan akan selesai pada akhir Maret 2023. Sedangkan untuk sirkit 4, pembangunan akan dimulai April dan diproyeksikan selesai akhir tahun 2023. Untuk saat ini wilayah Madura disokong oleh  2 sirkit yaitu SUTT 150 kV Ujung/Kenjeran- SKTT 150 kV Suramadu 1 dan 2- SUTT 150 kV Bangkalan/Gili timur dan besar harapan melalui penguatan sistem ini dapat mengurangi pembebanan transmisi eksisting dan mendukung pertumbuhan kebutuhan kelistrikan di Madura,” pungkas Lasiran GM UID Jatim. (Ris).

TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA