TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Pasca Resign Sebagai Karyawan Bank, Wanita Cantik Ini Sukses Dirikan Usaha Ternak Kambing Modern

Transatu, Temanggung- Setelah berhenti dari tempat kerjanya di salah satu Bank, Alphadina Anisa Nursela Ag Sandia atau lebih akrab di panggil Dina (30) , memilih untuk membuka usaha beternak kambing di lahan belakang rumahnya yang cukup luas, Lingkungan Bebengan, Kertosari, Temanggung.

Memulai usaha pada tahun 2019 dengan sistem membesarkan kambing di kandang yang diberi nama Sekar Tadji Farm kini Dina sudah bisa menikmati hasil setiap empat bulan sekali bisa menjual kambing terbaiknya sesuai pesanan pembeli . Awal usaha hanya membesarkan sejumlah lima puluh dan kini sudah mencapai dua ratus ekor kambing.

Baca Juga :  Dandim 0826/Pamekasan Bersama Wartawan Beri Kado Ulang Tahun Pada Kapolres Pamekasan

Selama ini wanita yang sudah dikaruniai dua anak merawat kambingnya sendiri dengan rutin memberi pakan, minum, membersihkan kotoran juga kandang sehingga terjaga kebersihan ternaknya.

Ketika disambangi awak  media, Minggu (29/1/2023) Dina menjelaskan “Yang mendasari saya membuka usaha kambing setelah resign dari dunia perbankan saya masih tetap bisa produktif ya bisa ngurus anak dan rumah. Awalnya kambing lima puluh ekor ekor dan alhamdulillah sekarang bisa mencapai dua ratus ekor.”

“Cara merawatnya untuk pakan saya menggunakan konsentrat kering yang dimana komposisinya saya campur dan saya olah sendiri dengan kadar protein yang diharapkan. Air minum kambing selalu saya bersihkan tiap hari .untuk penjualannya saya pada musim Idul Adha. Selain itu kambingnyaa di jual untuk sate pembelian bibit dan juga kelompok tani. Disini saya juga melakukan breading atau perkembang biakan kambing,” imbuh Dina panjang lebar.

Baca Juga :  Untuk Meningkatkan Pelayanan Bermutu Menuju Paripurna,Puskesmas Omben Jalani Penilaian Re-Akreditasi

Menurutnya, dalam merawat kambing kendalanya adalah cuaca, keguguran dan anak kambing yang lahir sebelum waktunya. Namun ada pula keuntungan ketika merawat kambing dengan pemberian konsentrat kering yang mudah didapat dan mudah pembuatannya, selain itu kotorannya bisa dijual untuk pupuk kompos.”

Baca Juga :  LHB Minta Polri Usut Tuntas Kasus Jeratan Kabel Menjuntai Bikin Leher Mahasiswa Celaka

“Harapan saya semoga bisa bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Hewan dan Dinas Pertanian setempat agar bisa bersinergi dalam perawatan kambing sehingga bisa meningkatkan kualitas kambing saya.”

Slamet (45), salah satu pedagang kambing langganan mengungkapkan “Sudah beberapa kali saya membeli kambing disini selalu mendapat kambing yang sehat, gemuk dan memenuhi syarat untuk kurban dan ketika saya jual kembali laku tinggi.”

Sekar Tadji Farm juga siap melakukan kerjasama dengan berbagai pihak untuk pengembangan ternak kambingnya.

 

(Tuyono Ali Yusup)

TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA