TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Berita  

Tingkatkan Kemampuan SDM, Pemkab Pamekasan Gelar Kerja Sama dengan Kominfo RI

Transatu.id, Pamekasan – Sebanyak 245 peserta pelatihan Government Transformation Academy (GTA) yang terdiri dari ASN non ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pamekasan selama 5 hari focus ke pelatihan yang langsung didatangkan PUSDIKLAT Kementerian Komunikasi dan Informatika RI dan beberapa Widyaiwara.

Pemerintah Kabupaten Pamekasan bersama dengan Pusat Pendidikan dan Pelatihan Badan Penelitian dan Pengembangan SDM Kementerian Komunikasi dan Informatika RI melaksanakan kerjasama pelatihan Government Transformation Academy (GTA) di kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Non ASN, Senin 12/9/2022 di Mandhapa Agung Ronggosukowati.

Pelatihan tersebut dibuka oleh Bupati Pamekasan yang diwakili Asisten III Setdakab Pamekasan Bambang Edy Suprapto, mengatakan hendaknya pelatihan Government Transformation Academy (GTA) ini benar – benar diikuti oleh peserta dalam hal ini ASN dan Non ASN yang terpilih setelah melalui beberapa tahapan pendaftaran secara Online di Website Kementerian Kominfo RI.

Baca Juga :  Anggota Komisi IV DPRD Sumenep Dukung Budidaya Jagung Silase

Bambang mengatakan beberapa jenis pelatihan yang ditawarkan kali ini ada beberapa jenis diantaranya, Junior Office Operator (JOO), IT Essential (ITE), Cyber Security Essential, dan Social Media Analyst (SMA).

“Seperti kita ketahui bahwasannya Digital Talent Scholarship adalah program beasiswa pelatihan talenta digital yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan, keterampilan dan daya saing SDM di bidang teknologi Informasi untuk mendukung transformasi digital dan peningkatan ekonomi digital Indonesia menuju Industri 4.0.”, jelasnya.

Baca Juga :  Viral......!!! Wisata Taman Sejuta Warna Narik Retribusi Tanpa Tiket, Dikeluhkan Pengunjung

Program Digital Talent Scholarship (DTS) didesain untuk menciptakan ekosistem seimbang dalam memaksimalkan peran pentahelix (Pemerintah, Komunitas/Masyarakat, Institusi Pendidikan Tinggi, Dunia Usaha dan Media Untuk Menjadi Fasilitator dan akselerator pendukung ekonomi Digital.

Tiga Kabupaten yang menjadi pilihan sebagai Pilot Project dari Kementerian Komunikasi dan Informatika RI dalam pengembangan Sumber Daya Manusia Unggul melaui Program Pelatihan dan Beasiswa DIGITAL TALENT SCHOLARSHIP (DTS) yakni Kabupaten Lombok Tengah, Magetan dan Kabupaten Pamekasan.

Bambang menambahkan, pelatihan tersebut akan berlangsung selama 5 hari berturut – turut.

“Pelaksanaan Pelatihan Government Transformation Academy (GTA) ini nantinya akan berlangsung selama 5 hari dari Tanggal 12 sampai dengan 16 September 2022”, imbuhnya.

Baca Juga :  Wagub Jatim Berharap Bisa Datang Lagi ke Ponpes Mansyaul Ulum Congkop

Disisi lain, Personal In Charge (PIC) Dinas Kominfo Yudis Wahyudi Mengatakan memang benar adanya bahwa Pemkab Pamekasan telah ada kesepakatan dengan Kementerian Kominfo RI.

“kita (Pamekasan) menjadi 3 kabupaten sebagai proyek percontohan dari kemenkominfo dalam pengembangan dan penyiapan SDM Unggul dalam

Teknologi Informasi dan Komunikasi.” Ucapnya ditengah kesibukannya menyiapkan pelatihan GTA.

Ia juga menjelaskan, seluruh peserta pelatihan GTA sebanyak 245 akan tersebar di beberapa OPD menerima materi pelatihan.

“OPD tersebut diantaranya, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Perikanan dan Kelautan, Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata, Dinas Kominfo, Dinas Koperasi dan UKM dan Bappeda”, tutupnya.

TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA